Inilah Beda Periksa Kehamilan di Bidan dan Dokter

Beda Periksa Kehamilan di Bidan dan Dokter – Para wanita yang sedang merasakan kehamilan pertama kali biasanya bingung untuk memeriksakan kehamilan pada bidan atau dokter kandungan.

Ada anggapan untuk kehamilan pertama akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter kandungan daripada bidan. Benarkah anggapan itu? Lalu apa beda periksa kehamilan di bidan dan dokter?

advertisement

Perlu diketahui bahwa baik bidan maupun dokter kandungan akan memberikan pelayanan terbaik dan telah diakui secara medis untuk membantu selama proses kehamilan hingga setelah melahirkan.

Meski demikian, ada beberapa perbedaan dalam penanganan kehamilan oleh dua profesi ini. Dengan mempertimbangkan perbedaan ini, Anda bisa memutuskan mana yang terbaik untuk menemani proses kehamilan Anda nantinya.

Perbedaan Periksa Kehamilan di Bidan dan Dokter

Inilah Beda Periksa Kehamilan di Bidan dan Dokter

  1. Perbedaan perspektif mengenai kehamilan

Beda periksa kehamilan di bidan dan dokter bisa dilihat dari perspektif keduanya mengenai peristiwa kelahiran. Seorang bidan memiliki kualifikasi untuk memberikan nasihat dan dukungan selama masa kehamilan, persalinan hingga masa nifas.

Karena sesama wanita, seorang bidan dinilai lebih mampu memberikan dukungan psikologis dan kenyamanan bagi ibu hamil.

Bidan juga cenderung mengambil langkah filosofis serta memandang proses kelahiran sebagai suatu proses yang alami.

Berbeda dengan bidan, dokter kandungan memandang proses kehamilan maupun kelahiran sebagai peristiwa yang berisiko karena melihatnya dari perspektif medis. Baca Makanan Organik Untuk Bayi

advertisement

Tentu hal ini didukung oleh pengetahuan yang lebih luas daripada bidan. Seorang dokter kandungan sudah biasa menangani permasalahan organ reproduksi yang tidak mampu ditangani oleh seorang bidan.

  1. Penanganan Kehamilan

Beda periksa kehamilan di bidan dan dokter bisa dirasakan pada ibu hamil yang pernah memiliki riwayat kelainan pada kehamilan sebelumnya.

Pada kehamilan yang berjalan normal tanpa indikasi kelainan, maka ibu hamil bisa memilih untuk didampingi oleh bidan.

Bidan memiliki kualifikasi untuk menangani persalinan normal, memberikan akses bantuan medis yang dibutuhkan ibu hamil serta mendeteksi komplikasi pada ibu dan bayi.

Tapi, jika ibu hamil memiliki riwayat kehamilan bermasalah seperti riwayat keguguran, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan. Baca Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Dokter kandungan memiliki izin untuk melakukan pemeriksaan USG dan pemberian obat-obatan yang disesuaikan dengan riwayat kehamilan pasien.

  1. Penanganan proses melahirkan

Pada saat proses melahirkan, dokter kandungan juga bisa menangani pasien yang memiliki rendah maupun risiko tinggi karena sudah dilatih untuk melakukan tindakan operasi. Peralatan yang dimiliki dokter kandungan juga biasanya lebih lengkap dan lebih canggih.

Sedangkan bidan hanya diperbolehkan menangani kasus kehamilan berisiko rendah karena tidak terlatih untuk melakukan operasi.

  1. Biaya Pemeriksaan

Beda periksa kehamilan di bidan dan dokter kandungan selanjutnya terletak pada biaya pemeriksaan hingga biaya proses persalinan.

Ketika memeriksakan kehamilan di bidan, ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan gula darah, tekanan darah dan berat badan. Baca Melahirkan di Rumah Sendiri,Bahaya Tidak

Namun, jika ingin melakukan pemeriksaan janin yang lebih lengkap, ibu hamil bisa periksa kehamilan di dokter kandungan. Hal ini tentu berdampak pada biaya konsultasi dokter yang lebih mahal daripada biaya konsultasi di bidan.

Advertisement
Inilah Beda Periksa Kehamilan di Bidan dan Dokter | admin | 4.5