Melahirkan di Bidan atau Dokter Kandungan??

Melahirkan di Bidan atau Dokter Kandungan – Baik bidan dan dokter kandungan sama-sama memiliki tugas membantu Anda  melalui masa kehamilan hingga persalinan dengan lancar.

Namun, terkadang para ibu hamil terutama yang merasakan kehamilan pertama sering merasa kebingungan untuk memilih melahirkan di bidan atau dokter kandungan.

advertisement

Sebenarnya, baik dokter spesialis kandungan maupun bidan sama-sama memiliki kompetensi untuk membantu proses persalinan.

Tapi, tak bisa dipungkiri bahwa keduanya memiliki pendekatan yang berbeda ketika mendampingi ibu hamil dalam proses persalinan.

Pilih Melahirkan Dibantu Bidan atau Dokter Kandungan?

Melahirkan di Bidan atau Dokter Kandungan??

  • Pertimbangkan Kenyamanan

Ibu hamil yang sudah berpengalaman, sebagian besar merasakan bahwa melahirkan dibantu oleh bidan terasa lebih nyaman. Hal ini disebabkan karena bidan juga wanita sehingga lebih mudah memahami keadaan pasien dan lebih mudah menjalin komunikasi yang akrab dengan pasien.

Ketika melahirkan dengan bantuan bidan, ibu hamil akan merasa mendapatkan perhatian penuh dari bidan karena jumlah pasien biasanya tidak begitu banyak. Baca dulu Melahirkan di Rumah Sendiri,Bahaya Tidak

Ibu hamil pun lebih nyaman berkonsultasi dengan bidan terutama bidan langganan keluarga yang mengerti riwayat kesehatan keluarga pasien.

Baik melahirkan di bidan atau dokter kandungan, yang penting adalah rasa nyaman sang ibu. Ibu hamil yang memilih proses melahirkan dibantu dokter kandungan, biasanya merasa lebih merasa nyaman karena dokter dianggap memiliki pengetahuan yang lebih baik dan peralatan medis yang lebih lengkap.

advertisement

Oleh sebab itu, jika memilih melahirkan dibantu bidan sebaiknya pilih bidan yang memiliki jalinan kerjasama dengan dokter spesialis kandungan.

Hal ini untuk mengantisipasi apabila dalam proses persalinan terjadi hal yang tidak diinginkan, maka dokter bisa mengambil alih peran bidan untuk melakukan tindakan lanjutan.

  • Pertimbangan Proses Melahirkan Secara Normal atau Operasi

Meski sama-sama memiliki keahlian membantu persalinan, namun, bidan tidak diperbolehkan melakukan tindakan operasi caesar. Bidan memiliki kepercayaan bahwa seorang ibu mampu melakukan persalinan secara normal. Baca Tentang Pakaian Bayi Organik

Sedangkan dokter spesialis kandungan biasanya lebih memilih untuk melakukan operasi caesar karena memiliki sertifikasi dokter bedah dan memiliki wawasan yang cukup mengenai kesehatan dan persalinan ibu hamil.

Namun, tak menutup kemungkinan jika ingin melahirkan secara normal memilih melahirkan di bidan atau dokter kandungan karena keduanya berkompetensi dalam hal tersebut.

  • Akses Layanan

Salah satu hal yang membedakan antara melahirkan di bidan atau dokter kandungan adalah akses layanan.

Ketika menggunakan jasa seorang bidan, Anda bisa meminta bidan tersebut untuk datang ke rumah sehingga bisa melakukan persalinan di rumah. Hal ini biasanya terjadi di daerah terpencil dimana akses layanan kesehatan masih minim.

Sedangkan untuk menggunakan jasa dokter spesialis kandungan, pasien harus datang ke klinik praktik dokter tersebut atau mendatangi rumah sakit dimana dokter tersebut bekerja. Baca  Perawatan Kulit Bayi Organik

Selain karena jumlah dokter spesialis kandungan yang masih terbatas, ketersediaan peralatan yang lebih lengkap di rumah sakit juga membuat pasien dokter kandungan tidak bisa mendapatkan pelayanan persalinan di rumah.

Advertisement
Melahirkan di Bidan atau Dokter Kandungan?? | admin | 4.5