Melahirkan Di Bidan Menggunakan BPJS Bisakah??

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah salah satu kebijakan pemerintah kepada Warga Negara untuk menjamin kesehatan warga negara. Ibu melahirkan juga memerlukan BPJS, biasanya yang digunakan adalah BPJS kesehatan.

Kartu BPJS ini berguna untuk mengecek kehamilan sekaligus membantu biaya kelahiran ibu. Dengan kartu BPJS, biaya pengecekan sampai biaya kelahiran akan tercover dengan biaya yang kita bayarkan setiap bulan untuk membayar BPJS.

Apabila ibu yang ingin memakai fasilitas BPJS untuk mengcover kelahiran di bidan ini sebaiknya Anda mengerti bagaimana penggunaannya.

advertisement

Dengan menggunakan BPJS, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar apabila proses kelahiran dengan Caesar yang biasanya memakan biaya besar.

Bahkan apabila ketika proses kelahiran yang Anda lalui adalah secara normal, maka BPJS akan menanggung semua biaya kelahirannya. BPJS juga tidak mengenal istilah tingkatan level anggota BPJS, karena di dalam program BPJS ini semua tingkatannya sama. baca Sebaiknya Melahirkan di Bidan atau Rumah Sakit

Melahirkan Di Bidan Menggunakan BPJS Bisakah??

Melahirkan Di Bidan Menggunakan BPJS Bisakah??

Agar peserta BPJS bisa menggunakan kartu BPJSnya secara maksimal untuk proses kelahiran sang jabang bayi, pastikan Anda mengerti bagaimana prosedur penggunaannya.

Terlebih dahulu untuk menggunakan kartu BPJS Anda, pastikan tempat persalinan Anda sudah bekerjasama dengan BPJS.

Jika tempat persalinan yang Anda gunakan tidak bekerjasama dengan BPJS maka proses klaim tidak akan direstui oleh BPJS. Dan setiap faskes yang telah bekerjsama dengan BPJS juga berbeda-beda.

advertisement

Setiap bidan atau tempat persalinan antar satu dengan yang lain biasanya BPJS mengkover biaya hingga Rp.600.000, jika persalinannnya normal. Jika persalinannya secara Caesar maka BPJS akan mengkover dengan biaya yang lebih besar dari Rp.600.000. baca Beda Periksa Kehamilan di Bidan dan Dokter

Jika di tempat persalinannya itu tidak menyediakan fasilitas yang lengkap, maka Anda dapat direkomendasikan tempat persalinan yang lebih lengkap yang telah bekerjasama dengan BPJS. Untuk menggunakan kartu BPJS Anda sebaiknya menyiapkan dokumen-dokumen pendukung sebagai berikut..

Dokumen- Dokumen Pendukung untuk Menggunakan BPJS di Bidan

Untuk menggunakan fasilitas BPJS kesehatan sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang mendukung untuk pengcoveran BPJS. Berikut dokumen yang harus disiapkan :

1.     Kartu BPJS Kesehatan/ Nomor Kartu Peserta

Hal ini sangat krusial karena tanpa membawa kartu BPJS, Anda tidak bisa menggunakan layanan BPJS. Kepemilikan kartu BPJS ini menandai bahwa Anda tertib untuk membayar tagihan biaya BPJS setiap bulannya. Baca Biaya Persalinan Bidan,Kisaran Berapa

2.     Kartu Keluarga

Kartu Keluarga wajib dibawa untuk bukti bahwa Anda merupakan anggota keluarga dan dengan kartu keluarga dapat menunjukkan siapa kepala keluarganya.

3.     KTP

KTP ini sangat penting karena merupakan identitas pengenal Anda sebagai Warga Negara. Tentu tanpa membawa KTP, Anda tidak bisa mengajukan klaim BPJS Kesehatan di bidan atau tempat persalinan karena tidak ada bukti kepemilikan BPJS.

4.     Buku Kesehatan ibu dan Anak

Buku ini sangat berguna untuk mencatat tumbuh kembang bayi baik selama di dalam kandungan maupun di luar kandungan. Hal ini semua akan tercatat di BPJS kesehatan dengan buku kesehatan ibu dan anak ini. baca Pilih Bidan atau Dokter Spesialis Kandungan

5.     Surat Rujukan

Surat rujukan ini berguna apabila Anda dirujuk atau direkomendasikan dari rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan BPJS ataupun perpindahan dari rumah sakit yang fasilitasnya belum lengkap ke rumah sakit yang fasilitasnya lebih lengkap..

Advertisement
loading...
Melahirkan Di Bidan Menggunakan BPJS Bisakah?? | admin | 4.5