Sebaiknya Melahirkan di Bidan atau Rumah Sakit?

Sebaiknya Melahirkan di Bidan atau Rumah Sakit – Kenyamanan tempat persalinan tampaknya memainkan peranan penting dalam proses persalinan. Semakin nyaman tempat persalinan, umumnya semakin mudah persalinan berlangsung karena perasaan ibu yang lebih santai.

Pertimbangan kenyamanan itulah yang menjadi alasan mengapa sebagian besar ibu hamil sering bingung memilih sebaiknya melahirkan di bidan atau rumah sakit.

advertisement

Apabila Anda salah satu dari ibu hamil yang bingung memilih antara bidan atau rumah sakit, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih salah satu lokasi tersebut.

Pertimbangan Memilih Persalinan di Bidan atau Rumah Sakit

Sebaiknya Melahirkan di Bidan atau Rumah Sakit?

  • Ketersediaan peralatan medis

Rumah sakit tentu memiliki peralatan medis yang lebih lengkap sehingga mampu menyediakan pertolongan darurat bagi pasien. Rumah sakit juga menyediakan dokter-dokter spesialis kandungan yang memiliki kompetensi dan kewenangan untuk melakukan operasi caesar apabila diperlukan.

Rumah sakit tak hanya menyediakan sarana untuk melakukan operasi, tapi juga menyediakan bidan bagi para ibu yang ingin melahirkan secara normal. Baca Makanan Organik Untuk Bayi

Ketersediaan peralatan medis yang lengkap juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak ibu hamil yang memutuskan sebaiknya melahirkan di bidan atau rumah sakit daripada melahirkan di rumah.

advertisement
  • Riwayat kesehatan ibu hamil.

Bagi ibu hamil yang pernah mengalami riwayat kesulitan persalinan di masa lalu atau memiliki penyakit tertentu seperti hipertensi, diabetes dan penyakit kronis lainnya atau mengandung anak kembar, sebaiknya memilih persalinan di rumah sakit.

Apabila riwayat kesehatan sang ibu cukup baik dan ingin merasa nyaman dengan proses persalinan normal, maka proses melahirkan bisa dilakukan di bidan terdekat.

  • Biaya

Faktor biaya menjadi pertimbangan selanjutnya apakah ibu hamil sebaiknya melahirkan di bidan atau rumah sakit. Mengingat peralatan serta pelayanan yang lebih lengkap, tentu biaya persalinan di rumah sakit bisa lebih mahal daripada persalinan di bidan. Baca Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Tapi bagi peserta BPJS kesehatan tentu hal ini bukanlah suatu halangan mengingat saat ini banyak rumah sakit dan bidan yang bersedia menerima peserta BPJS.

  • Kondisi psikologis ibu hamil

Ibu hamil yang sedang mengalami kehamilan pertama biasanya memilih melahirkan di rumah sakit karena dianggap lebih aman dan lebih siap menghadapi kondisi darurat.

Apabila khawatir akan rasa sakit atau takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka rumah sakit bisa menjadi pilihan tempat persalinan.

Sayangnya, meski sarana medis di rumah sakit terbilang lengkap, ada pula ibu hamil yang merasa tidak nyaman dengan lingkungan rumah sakit.

Kurangnya privasi ketika bersalin di rumah sakit membuat sang ibu merasa tidak nyaman sehingga bisa memperlambat proses persalinan. Baca Melahirkan di Rumah Sendiri,Bahaya Tidak

Selain itu, pendekatan psikologis secara personal yang dilakukan bidan biasanya lebih menyentuh dan lebih menenangkan sehingga membuat para ibu menjadi lebih nyaman dan santai.

Faktor kondisi psikologis seperti inilah yang sering menjadi pertimbangan para ibu apakah sebaiknya melahirkan di bidan atau rumah sakit.

Advertisement
Sebaiknya Melahirkan di Bidan atau Rumah Sakit? | admin | 4.5